Kontak

IndonesianWebsite.Net
Agency UKM

HP : 085727153278
PinBB : 21E4C7BB

Setiap Hari 12.00 - 21.00

Download Form Daftar Jasa Web


 

Diluar sana banyak orang yang bertanya "Bagaimana mempercepat loading website?". Berikut adalah tips bagaimana cara agar membuat website (sesi pembuatan website) menjadi lebih ringan, dan cepat untuk diakses :

1. Hindari penggunaan flash
Mengingat flash merupakan satu komponen website yang ukurannya besar, maka apabila dalam website terdapat banyak flash movie tentu membuat loadingnya menjadi lambat. Oleh karena itu disarankan agar kita hanya menggunakan flash seperlunya saja.

2. Hindari gambar yang ukurannya besar
Meskipun gambar(*.jpg,*.gif,*.bmp*.png dll) ukurannya lebih kecil dari flash, tetapi jika terlalu besar tentu saja akan memperberat halaman suatu website. Jadi, kita tidak perlu memasukkan gambar-gambar terlalu yang besar di website jika itu tidak begitu penting. Dan pastikan bahwa gambar yang diload benar-benar gambar yang berukuran kecil. Jangan sampai gambar yang aslinya besar, diperkecil dalam halaman html. Sehingga gambar yang diload tetap gambar yang besar.

3. Split Gambar yang besar
Jika terpaksa harus menggunakan gambar yang besar pada suatu halaman website, maka dianjurkan agar gambar tersebut displit / dipecah menjadi beberapa bagian, tergantung dari besarnya gambar tersebut. Contohnya, jika pada website digunakan header berupa gambar yang besar maka pada header tersebut bisa digunakan table yang terdiri dari beberapa kolom dan row sebagai pemecah.

4. Gunakan format gambar yang efektif

Pada halaman website kita harus bisa memilih format gambar apa yang harus digunakan. Karena format gambar berbeda pada ukuran yang sama, berbeda ukuran memorinya. Contohnya, jika gambar ukuran 100 x 100 pixels pada jpg hanya 40 kb, jika dalam bmp bisa 90 kb. Karena itulah kita harus tepat memilih format gambar yang efektif. Saat ini format gambar yang ukurannya paling kecil adalah *.gif, selain itu *.gif juga bisa menampilkan gambar bergerak dengan beberapa frame. Tetapi, format gambar ini hanya mendukung beberapa warna saja. Jadi selain menggunakan *.gif kita juga bisa menggunakan *.jpg jika gambar tidak sempurna ditampilkan dengan format *.gif (biasanya untuk foto).

5. Gunakan bahasa pemrograman web seringkas mungkin
Jika kita sudah mengerti atau bisa bahasa pemrograman web, lebih baik kita buat halaman web secara manual. Karena biasanya halaman web yang dibuat sendiri tanpa bantuan program seperti frontpage, dreamweaver dll akan lebih ringkas.

6. Hindari backsound (background musik)
Jika backsound tidak begitu penting dalam website, lebih baik dihindari. Karena membuat koneksi internet terus melakukan streaming.

Semoga artikel ini bermanfaat.


Share/Save/Bookmark
Artikel Random